Selasa, 04 Oktober 2011

Hah, Ternyata Menjemur Pakaian Tingkatkan Risiko Kanker

 
Adalah hal rutin bila pakaian yang sudah kotor dicuci, dijemur, kemudian disetrika. Tapi tahukah Anda, sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan menjemur pakaian di bawah sinar matahari dapat membahayakan kesehatan? Satu di antara bahaya itu yakni kanker.

Para ilmuwan yang melibatkan ahli lingkungan hidup mencermati polusi di Seattle. Mereka menyelidiki penguapan di daerah dimana pakaian dijemur di area terbuka. Mereka pun mencari tahu bahan yang menguap dari pakaian.

Hasilnya, penguapan pakaian ternyata mengandung sejumlah bahan kimia. Di antara bahan kimia yang menguap, ditemukan 25 senyawa organik yang mudah menguap, termasuk di antaranya adalah 7 polutan udara yang berbahaya.

Dua dari tujuh bahan tersebut adalah asetaldehida dan benzene yang telah ditetapkan Amerika Serikat sebagai karsinogen (penyebab kanker).

Selain penelitian tersebut, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa mereka yang tinggal pada daerah di mana pakaian yang telah dicuci dengan detergen dan pelembut pakaian lalu dikeringkan dengan cara dijemur (pada bagian dalam rumah), lebih mudah mengalami sakit kepala.

Cara terbaik untuk menghindari masalah kesehatan tersebut adalah dengan menjemur pakaian pada area terbuka atau lebih baik lagi dengan mesin pengering pakaian.

Sumber : http://www.isisurakartablog.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post