Senin, 11 Juli 2011

5 Ide Liburan bersama Anak


Belum punya ide kemana akan menghabiskan liburan bersama anak-anak? Inilah beberapa tema wisata yang bisa menjadi inspirasi liburan kali ini:
Wisata edukasi
Tujuan
: Memperluas wawasan
Rekomendasi: Museum, Planetarium (Jakarta), Observatorium Bosscha (Bandung), Taman Pintar (Jogjakarta).
Sekarang saatnya kita menunjukkan kepada anak-anak secara langsung tempat-tempat yang biasa mereka lihat di buku. Dengan begitu, mereka akan mendapat pemahaman dan pengalaman nyata.
Wisata sehat
Tujuan
: Mengajak anak-anak lebih banyak bergerak
Rekomendasi:Waterbom Park (Kuta, Bali), Outbondholic (Ancol, Jakarta), Kampung Main (Jakarta)
Meski tak hobi berolahraga atau lingkungan rumah kurang ramah, bukan berarti anak-anak boleh tinggal diam. Bagaimanapun, kegiatan fisik sangat penting bagi mereka. Para ahli dari Michigan State University, James M. Pivarnik, PhD, dan Karin A. Pfeiffer, PhD, menegaskan kita perlu mendorong anak untuk banyak bergerak, karena ini penting bagi kesehatan jantung, paru-paru, serta membentuk otot.
Wisata alam
Tujuan
: Memperkenalkan anak pada kekayaan alam
Rekomendasi: Pulang ke kampung halaman, kebun binatang, kebun wisata Pasir Mukti (Bogor), Taman Wisata Mekarsari
Burung, serangga, sawah, pepohonan. Anak-anak pasti sudah hafal di luar kepala. Namun, pernahkah mereka melihat langsung dan menyentuh semuanya? Dengan memperkenalkan anak pada kekayaan flora-fauna sejak usia dini, mereka akan lebih menghargai dan terdorong untuk melestarikannya.
Wisata seni budaya
Tujuan
: Mengajak anak memahami sejarah dan kekayaan seni-budaya
Rekomendasi: Menonton tari Kecak di Bali, Wisata Kota Tua (Jakarta), Sendratari Ramayana di Prambanan (Jawa Tengah)
Kita beruntung tinggal di negeri yang memiliki warisan budaya beragam. Kita juga memiliki begitu banyak tempat bersejarah. Berkunjung ke tempat seperti ini membuat anak lebih menghayati pelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah. Selain itu, mereka bisa lebih menghargai perbedaan.
Wisata kreatif
Tujuan
: Mengasah kreativitas dalam menciptakan karya seni
Rekomendasi: Wisata keramik di Rumah Tanah Baru (Depok), workshop membatik (Museum Tekstil Jakarta), sentra pembuatan gerabah/tembikar Anjun Plered (Jatiluhur, Purwakarta)
Ada anak yang gampang bosan bila hanya diajak melihat-lihat saja. Rasa ingin tahunya yang tinggi membuat mereka ingin menciptakan sesuatu. Misalnya, saat melihat orang menari, dia jadi ingin menari sesuai gayanya. Untuk tipe anak seperti ini, kita bisa membawa mereka ke beberapa tempat yang juga membuka kursus singkat. Misalnya, membatik, membuat keramik, atau menggambar.
referensi dan sumber bacaan : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post